Geografi Kelas 11 | INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA Bagian 1


Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera. Hal itu berarti Indonesia menjadi penghubung antara penduduk dua benua beserta kebutuhannya. Jika dilihat dari posisi geografis tersebut maka Indonesia memiliki potensi posisi yang strategis yang dapat dimanfaatkan untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.
Poros maritim dunia merupakan sebuah posisi yang strategis yang dengan kekuatan pengarungan dua samudera sebagai bangsa bahari yang sejahtera dan bangsa yang berwibawa.
Sejalan dengan hal tersebut, ada lima pilar yang dapat bisa dijadikan sebagai fokus pengembangan negara Indonesia sebagai poros maritim dunia:
1. Pembangunan kembali budaya maritim Indonesia
2. Penjagaan sumber daya kelautan dan penciptaan kedaulatan pangan laut dengan pilar utamanya adalah nelayan
3. Prioritas pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan pembangunan tol laut, deep seaport, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim
4. Penerapan diplomasi maritim, dengan peningkatan kerjasama di bidang maritim dan upaya penanganan konflik (pencurian ikan, pelanggaran kedaulatan, persengketaan wilayah, dan yang lain-lain) dengan pemikiran bahwa laut merupakan sesuatu yang menghubungkan, bukan memisahkan
5. Pembangunan kekuatan maritim sebagai pertanggungjawaban penjagaan keselamatan pelayaran dan pengamanan maritim
Lima pilar tersebut, disampaikan oleh presiden joko widodo dalam KTT negara ASEAN ke-9 di Myanmar.
Pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim
Indonesia yang terletak diantara samudera pasifik dan samudera hindia, memilIki potensi yang sangat besar dalam konektivitas dunia. Dalam mendukung hal tersebut maka pembangunan infrastruktur yang dapat mendukung dalam peran untuk konektivitas tersebut. Pembangunan pelabuhan-pelabuhan internasional yang menjadi titik temu antara transportasi laut dengan titik temu transportasi darat. Pelabuhan merupakan tempat perpindahan antara barang dan manusia yang pada akhirnya dapat menjadi pendorong dalam kemajuan perekonomian sebuah masyarakat. Oleh karena itulah pembangunan infrastruktur pelabuhan menjadi sangat penting untuk dapat daya tarik masyarakat dunia yang menggunakan Indonesia sebagai tujuan perdagangan lewat jalur laut maupun hanya sekedar transit menjadi lebih baik sehingga tujuan Indonesia sebagai poros maritim bisa tercapai.
Selain hal tersebut, konektivitas dunia juga perlu di dukung dengan adanya konektivitas antar pulau-pulau Indonesia. Hal ini mengingat bahwa negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang laut sebagai penghubungnya.